How to Read an Annual Report

Percayalah, tulisanku kali ini nggak akan menjawab pertanyaan pada judul. Jadi jangan berharap banyak. How to read an annual report? Lah aku kan sebenernya nanya beneran, bukannya mau ngasih tau hehehe. Soalnya ini ilmu dasar bagi semua yang pengen jadi investor, entah investor di pasar modal atau investor riil sekalipun. Ilmu yang sebenarnya simpel tapi bisa jadi teramat kompleks tergantung industri dan perkembangan bisnis jaman sekarang. Jadi, bukan aku yang bakal jelasin.

Aku ngerasa masih harus membahas tentang annual report ini karena pada tulisan sebelumnya yang sok-sokan pengen jadi investment analyst menyebutkan bahwa kita sebagai investor ditantang untuk bisa membuat angka-angka yang terdapat pada financial statement, bagian penting dari annual report, berbicara. Ya, kita harus bisa membuat setiap data yang terdapat pada laporan tahunan tersebut menceritakan semua kondisi bisnis pada perusahaan pada periode tersebut.

Beruntung lah aku menemukan seseorang bernama Jane Bryant Quinn, seorang financial journalist yang sering membahas dunia keuangan entah itu marko ekonomi, mikro ekonomi, hingga personal finance. Kebetulan Ibu Jane ini pernah menulis artikel yang berjudul “How to Read Annual Report” pada tahun 1980 lalu dan cukup viral saat itu.

Sebenernya ini hanya semacam interview kepada Ibu Jane oleh International Paper Company sebagai salah satu kampanye tentang the power of printed word, tapi apa yang dikatakan beliau memang sedikit banyak mampu membantu dalam gimana caranya memperlakukan Annual Report.

Meskipun udah lebih dari 30 tahun yang lalu tapi tulisannya masih sangat relevan dengan kondisi saat ini. Terlebih pada artikel tersebut juga nggak terlalu banyak mengandung unsur-unsur teknis untuk dipahami. Friendly for every dummy, because it tells you the very basic point of reading annual report.

Jane Bryant Quinn 1How to Read Annual Report by Jane Bryant Quinn Pg.1

Jane Bryant Quinn 2How to Read Annual Report by Jane Bryant Quinn Pg.2

Ups, sorry ternyata tetep ada beberapa kata-kata teknis yang kudu dimengerti untuk membaca Annual Report. But yes, that is something that you have to learn before you jump in the real market. Invest your time on knowledge before invest in your money. Investing could be simple, but it never be that easy as mediocre says.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *